SELAMAT DATANG

Assallamuallaikum wr. wb.
Selamat datang di wikimini. blog ini berisi tentang informasi penting dari wikipedia dalam bentuk mini dan terhubung langsung ke wikipedia

Minggu, 09 Januari 2011

Google


Google Inc.
JenisPublik (NASDAQGOOG), (LSEGGEA)
IndustriInternetPerangkat lunak komputer
DidirikanFlag of California.svgMenlo Park, California (4 September 1998[1][2]
Kantor pusatMountain View, California,Amerika Serikat
Tokoh pentingEric E. Schmidt(CEO & Direktur)
Sergey M. Brin (Pendiri, Presiden Teknologi)
Lawrence E. Page(Pendiri, Presiden Produk)
ProdukLihat daftar produk Google
Pendapatan23,651 milyar USD (2009)[3][4]
Laba usaha8,312 milyar USD (2009)[3][4]
Laba bersih6,520 milyar USD (2009)[3][4]
Jumlah aset40,497 milyar USD (2009)[3][4]
Jumlah ekuitas36,004 milyar USD (2009)[4]
Karyawan20.621 (2010)[5]
Situs webwww.google.com

Tampilan Google pada tahun 1998.
Google Inc. (NASDAQGOOG dan LSEGGEA) merupakan sebuah perusahaan publik Amerika Serikat, berperan dalam pencarian Internet dan iklan online. Perusahaan ini berbasis di Mountain View, California, dan memiliki karyawan berjumlah 19.604 orang (30 Juni2008)[6][7] Filosofi Google meliputi slogan seperti "Don't be evil", dan "Kerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan", menggambarkan budaya perusahaan yang santai.
Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadipada 4 September 1998.[1][2] Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus 2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar. Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas perusahaan, dan bertukar video.

Daftar isi

 [sembunyikan]

[sunting]Produk


Antarmuka Gmail, layanan surat elektronik Google, dalam bahasa Indonesia.
Google telah membuat layanan dan peralatan untuk lingkungan bisnis dan masyarakat; termasuk aplikasi web, jaringan periklanan dan solusi bagi bisnis.

[sunting]Periklanan

Kebanyakan dari pendapatan Google berasal dari program periklanan. Untuk keuangan tahun 2006, perusahaan ini dilaporkan mendapat jumlah keuntungan periklanan sebesar $10,492 milyar dan hanya $112 juta pada pendapatan lisensi dan lainnya.[8] Google AdWords membolehkan pengiklan web menampilkan iklannya dalam hasil pencarian Google dan Google Content Network, melalui sebuah sistem bayar-per-klik atau bayar-per-lihat. Pemilik website Google AdSense juga dapat menampilkan iklannya di situs mereka sendiri, dan mendapat untung setiap kali iklan diklik.

[sunting]Aplikasi

Google dikenal luas karena layanan pencarian webnya, yang mana merupakan sebuah faktor besar dari kesuksesan perusahaan ini. Pada Agustus 2007, Google merupakan mesin pencari di web yang paling sering digunakan dengan pangsa pasar sebanyak 53,6%, kemudian Yahoo! (19,9%) dan Live Search (12,9%).[9] Google memiliki milyaran halaman web, sehingga pengguna dapat mencari informasi yang mereka inginkan, melalui penggunaan kata kunci dan operator. Google juga telah menggunakan teknologi Pencarian Web pada layanan pencarian lainnya, termasuk, Pencarian Gambar, Google News, situs perbandingan harga Google Product Search, arsip Usenet interaktifGoogle GroupsGoogle Maps dan lainnya.
Tahun 2004, Google meluncurkan layanan email berbasis web gratisnya, disebut sebagai Gmail.[10]Gmail memiliki fitur teknologi penyaringan spam dan kemampuan untuk menggunakan teknologi Google untuk mencari surel. Layanan ini mendatangkan keuntungan dengan menampilkan iklan dari layanan AdWords yang dimasukkan dalam isi pesan email yang ditampilkan di layar.
Pada awal 2006, perusahaan ini meluncurkan Google Video, yang tidak hanya membolehkan pengguna untuk mencari dan melihat video secara gratis, tetapi juga membolehkan pengguna dan penyebar media menyebarkan isinya, termasuk acara-acara televisi CBS, pertandingan basket NBA, dan video musik.[11] Bulan Agustus 2007, Google mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan program penyewaan dan penjualan videonya dan menawarkan pengembalian uang dan kredit Google Checkout bagi pengguna yang telah membeli video untuk sendiri.
Google juga telah membuat beberapa aplikasi desktop, termasuk Google Earth, sebuah program pemetaan interaktif yang disediakan oleh satelit dan fotografi udara yang mencakup keseluruhan planet Bumi. Google Earth dianggap sangat akurat dan lebih mendetil. Beberapa kota besar memiliki gambar jelas yang dapat dibesarkan sedekat-dekatnya untuk melihat kendaraan dan pejalan kaki dengan jelas. Akibatnya, terdapat beberapa alasan mengenai keterlibatan dalam keamanan nasional. Secara spesifik, beberapa negara dan militer beranggapan perangkat lunak ini dapat digunakan untuk melihat dengan kejelasan dekat-jelas lokasi fisik infrastruktur yang rusak, bangunan komersial dan penghunian, pangkalan, agensi pemerintah, dan lainnya. Bagaimanapun, gambar satelit jarang diperbarui, dan semuanya tersedia gratis melalui produk lainnya dan bahkan sumber pemerintah (NASA dan National Geospatial-Intelligence Agency, sebagai contoh). Beberapa orang menilai argumen ini dengan menyatakan bahwa Google Earth mudah diakses juga saat mencari lokasi.
Beberapa produk lainnya tersedia melalui Google Labs, yang mana merupakan sebuah koleksi aplikasi yang belum selesai dan masih dalam tahap ujicoba agar dapat digunakan publik.
Google telah mempromosikan produk mereka dalam berbagai cara. Di LondonGoogle Spacedidirikan di Bandar Udara Heathrow, menampilkan berbagai produk, termasuk Gmail, Google Earth dan Picasa.[12][13] Juga, sebuah halaman yang sama diluncurkan untuk mahasiswa Amerika, dibawah nama College Life, Powered by Google.[14]
Tahun 2007, beberapa laporan menyatakan bahwa Google merencanakan peluncuran telepon genggam milik mereka, kemungkinan sebuah pesaing bagi iPhone Apple.[15][16][17] Pada 5 November 2007, Google akhirnya mengumumkan Android, sebuah platform perangkat lunak dan sistem operasibagi perangkat bergerak yang didukung Open Handset Alliance, sebuah konsorsium yang terdiri dari 34 perusahaan perangkat lunak, perangkat keras, dan telekomunikasi yang bertujuan mengembangkan standar terbuka bagi perangkat bergerak. Pada bulan September 2008, T-Mobilemerilis ponsel pertama yang berjalan pada platform Android, yakni G1.
Bulan Oktober 2007, layanan Google SMS diluncurkan di India dan membolehkan pengguna memperoleh daftar bisnis, jadwal pemutaran film dan informasi dengan mengirim pesan singkat.[18]
Google juga meluncurkan Google Chrome yaitu sebuah browser. Browser ini cukup cepat dan tampilannya minimalis

[sunting]Produk turunan

Tahun 2007, Google meluncurkan Google Apps Premier Edition, sebuah versi lain Google Apps yang difokuskan terutama pada pengguna bisnis. Produk ini memiliki beberapa tambahan seperti ruang disk lebih banyak untuk e-mail, akses API, dan penyokong utama, dengan harga USD50 per pengguna per tahun. Sebuah pertemuan besar Google Apps dengan 38.000 pengguna dilaksanakan di Universitas Lakehead di Thunder Bay, Ontario, Kanada.[19]
Pada 13 Desember 2007, Google mengumumkan peluncuran terbatas Knol, sebuah situs web yang ditujukan sebagai sumber referensi pengetahuan. Knol dibuka bebas kepada semua pengguna pada 23 Juli 2008.

[sunting]Platform

Layanan Google berjalan pada beberapa ladang server, setiap ladang berisi ribuan komputer komoditas bertarif rendah yang menjalankan versi Linux. Sementara perusahaan ini tidak menyediakan informasi mendetil mengenai perangkat kerasnya, sebuah perhitungan tahun 2006 menyatakan bahwa terdapat 450.000 server, dikelompokkan dan diletakkan di pusat data di seluruh dunia.[20]

[sunting]Kebiasaan dan budaya perusahaan

Google dikenal dengan etos kerjanya yang santai, yang mengingatkan kepada musim Dot-com. Bulan Januari 2007, budaya Google tersebut dipelajari oleh Fortune Magazine dan menempati urutan #1 (dari 100) perusahaan terbaik untuk bekerja.[21] Filosofi perusahaan ini didasarkan pada berbagai prinsip biasa seperti, "Anda dapat menghasilkan uang tanpa melakukan vandal", "Anda dapat bekerja serius tanpa mengenakan seragam," dan "Bekerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan." Sebuah daftar lengkap fundamental perusahaan tersedia di website-nya.[22] Budaya bekerja santai Google dapat dilihat dari logo Google-nya yang bervariasi pada hari-hari penting.
Google telah dikritik karena melakukan penggajian di bawah standar industri[23]. Contohnya, beberapaadministrator sistem digaji kurang dari $35.000 per tahun – dianggap kurang untuk pasaran kerja Bay Area.[24] Bagaimanapun, performa saham Google setelah IPO telah membolehkan banyak karyawan awal diberi ganti rugi dengan berpartisipasi dalam pertumbuhan kekayaan perusahaan.[25] Google mengimplementasikan insentif karyawan lainnya tahun 2005, seperti Google Founders' Award, dengan tambahan untuk memberikan gaji besar kepada karyawan baru. Kenyamanan, budaya, popularitas global, dan penghargaan terhadap merek kuatnya juga telah menarik banyak pelamar kerja yang berpotensi.
Setelah IPO pada Agustus 2004, dilaporkan bahwa pendiri Sergey Brin dan Larry Page, dan CEO Eric Schmidt, meminta bahwa gaji mereka dipotong menjadi $1.[26] Penawaran yang akan datang oleh perusahaan untuk meningkatkan gaji mereka telah dibatalkan, terutama karena, "ganti rugi utama mereka akan datang dari pengembalian kepemilikan saham di Google. Sebagai pemegang saham signifikan, kekayaan masing-masing dikaitkan secara langsung untuk menyeimbangkan performa dan apresiasi harga saham, yang menyediakan persilangan langsung dengan ketertarikan pemegang saham."[26] Tahun 2004, Schmidt digaji $250.000 per tahun, dan Page dan Brin masing-masing digasji $150.000.[26]
Mereka semua telah menolak penawaran bonus dan peningkatan ganti rugi oleh dewan direktur Google. Pada laporan orang terkaya Amerika Serikat tahun 2007, Forbes melaporkan bahwa Sergey Brin dan Larry Page menempati urutan #5 dengan kekayaan $18,5 milyar masing-masing.[27]

[sunting]Googleplex


Googleplex
Sambil bermain-main dengan nama Google, kantornya, di Mountain View, California, diberi nama "Googleplex" — sebuah googolplex yaitu 1 diikuti seratus nol, dan kantor tersebut menjadi sebuah komplek bangunan (semacammultiplex, cineplex, dll). Lobinya didekorasi dengan piano,lampu lava, kumpulan server lama, dan proyeksi tanda tanya di dinding. Lorongnya penuh dengan bola dan sepedalatihan. Setiap karyawan memiliki akses menuju pusat hiburan kantor. Kebutuhan yang disediakan tersebar di seluruh kampus dan termasuk sebuah gimnasium dengan alat-alat olahraga, ruang loker, kamar mandi, ruang pijat, permainan videoFoosballanak piano besar, meja bilyar, dan ping pong. Dengan tambahan menuju ruang rekreasi, terdapat ruang makan terisi berbagai serealpermen beruanggula-gulapermen hitamkacang medeyogurtwortel, buah-buahan segar, dan lusinan minuman sepertijus segar, soda, dan cappuccino buatan sendiri.[rujukan?]

Papan letak di Googleplex
Tahun 2006, Google berpindah ke perkantoran seluas 28.900 m² di New York City, tepatnya 111 Eighth Ave. di Manhattan.[28] Kantor tersebut dirancang dan dibangun khusus untuk Google dan merumahkan tim penjualan iklan terbesarnya yang telah berperan dalam menjaga kerjasama besar, terutama dengan MySpace dan AOL.[28]Tahun 2003, mereka menambah seorang petugas pengembangan di New York City, yang telah bertanggung jawab untuk lebih dari 100 proyek pengembangan, termasuk Google MapsGoogle Spreadsheet, dan lainnya.[28] Diperkirakan bahwa bangunan tersebut menguras biaya $10 juta per tahun untuk sewa dan bentuk juga fungsinya sama dengan kantor diMountain View, termasuk Foosball, hoki udara, dan meja ping-pong, juga area permainan video.[28]Pada tahun 2006, Google juga meresmikan kantor baru untuk divisi AdWords-nya di Ann Arbor, Michigan.[29]
Ukuran sistem pencarian Google belum diketahui; perkiraan jumlah server perusahaan adalah 450.000, yang tersebar di 25 lokasi di seluruh dunia, termasuk pusat operasi besar di Irlandia danAtlanta, Georgia. Google juga sedang dalam proses pembangunan pusat operasi besar di The Dalles, Oregon, di tepi Sungai Columbia. Situs tersebut, disebut media sebagai Project 02, dipilih karena ketersediaan tenaga hidroelektrik dan stok kabel fiber optik besar, yang ditinggalkan sejak musim dot com pada tahun 1990-an. Pusat komputasi ini diperkirakan seluas dua lapangan sepak bola, dan telah menghasilkan ratusan lapangan kerja konstruksi, mengakibatkan harga real estat lokal meningkat 40%. Setelah selesai, bangunan ini akan menghasilkan 60 hingga 200 lapangan kerja permanen di kota berpenduduk 12.000 orang itu.[30]
Google juga membuat langkah untuk menjamin operasi mereka ramah lingkungan. Bulan Oktober 2006, perusahaan ini mengumumkan rencana untuk memasang ribuan panel solar untuk menyediakan 1,6 megawatt listrik, cukup untuk memenuhi 30% kebutuhan energi kampus.[31] Sistem ini akan menjadi sistem tenaga solar terbesar di kampus perusahaan AS dan salah satu yang terbesar di dunia. Bulan Juni 2007, Google mengumumkan bahwa mereka berencana untuk berstatus bebas karbon pada 2008, yang mencakup berinvestasi pada efisiensi energi, sumber energi yang diperbarui, dan tidak menggunakan karbon, seperti berinvestasi di proyek seperti mengumpulkan dan membakarmetana dari kotoran hewan di pertanian-pertanian Meksiko dan Brazil.[32]

[sunting]"Dua puluh persen" waktu

Semua pengembang Google menyisakan 20% waktu kerja mereka (sehari per minggu) pada proyek yang menarik mereka. Beberapa layanan baru Google, seperti GmailGoogle NewsOrkut, danAdSense berasal dari para pengembang independen ini.[33] Dalam pembicaraan di Universitas StanfordMarissa Mayer, Wakil Presiden Google untuk Produk Pencarian dan Kepuasan Pengguna, menyatakan bahwa analisisnya menunjukkan bahwa setengah dari produk baru yang diluncurkan berasal dari 20% waktu tersebut.[34]

[sunting]Telur paskah dan lawakan Hari April Mop

Google memiliki sebuah tradisi untuk membuat lawakan Hari April Mop — seperti Google MentalPlex, yang memiliki fitur penggunaan kekuatan mental untuk mencari web.[35] Tahun 2002, mereka mengklaim bahwa merpati merupakan rahasia di belakang mesin pencarinya yang berkembang itu.[36]Tahun 2004, mereka meluncurkan Google Lunar (yang diklaim untuk menghasilkan lowongan pekerjaan di bulan),[37] dan tahun 2005, sebuah minuman fiksi perangsang otak, bernama Google Gulp diluncurkan.[38] Tahun 2006, mereka datang dengan Google Romance, sebuah layanan kencan online.[39] Tahun 2007, Google mengumumkan dua produk lawakan. Pertama adalah sebuah layanan Internet nirkabel gratis disebut TiSP (Toilet Internet Service Provider) [40] dimana seseorang memperoleh koneksi dengan menyiram ujung kabel fiber optik ke toilet mereka dan menunggu sekitar sejam untuk "Plumbing Hardware Dispatcher (PHD)" untuk menghubungkannya dengan Internet.[40]Tambahannya, halaman Gmail Google menampilkan pengumuman untuk Gmail Paper, yang membolehkan pengguna layanan email gratis mereka tersebut mendapat pesan email-nya diterbitkan dan dikirim menuju alamat surat yang dituju.[41]
Beberapa orang mengira pengumuman Gmail tahun 2004 sekitar Hari April Mop (juga penggandaan ruang penyimpanan Gmail menjadi dua gigabita pada 2005) bohong, meskipun keduanya berubah menjadi pengumuman asli. Tahun 2005, sebuah grafik bohong menyatakan keberhasilan Google untuk penyimpanan "tidak terbatas plus satu" GB ditampilkan dalam homepage Gmail.
Layanan Google berisi sejumlah telur Paskah; contohnya, halaman Peralatan Bahasa menawarkan pencarian dengan bahasa "Bork bork bork" dari Koki Swedia, "Hacker" (sebenarnya leet) dari Pig LatinElmer Fudd, dan Klingon.[42] Dengan tambahan, kalkulator mesin pencari ini menyediakanAnswer to Life, the Universe, and Everything dari The Hitchhiker Guide to the Galaxy oleh Douglas Adams.[43] Sementara kotak pencarian Google dapat digunakan sebagai penukar satuan (juga sebagai kalkulator), beberapa satuan non-standar juga dimasukkan, seperti Smoot. Google juga secara rutin merubah logonya dengan berbagai variasi liburan atau hari khusus sepanjang tahun, seperti NatalHari Ibu, atau ulang tahun sejumlah orang terkenal.[44]

[sunting]IPO dan budaya

Banyak orang berspekulasi bahwa IPO Google dapat mempengaruhi budaya perusahaan,[45] karena tekanan pemegang saham untuk pengurangan keuntungan karyawan dan jangka-pendek, atau karena jumlah karyawan perusahaan yang besar dapat menjadi milyuner mendadak. Salam sebuah laporan yang diberikan kepada investor berpotensi, pendiri Sergey Brin dan Larry Page berjanji bahwa IPO tersebut tidak akan merubah budaya perusahaan.[46] Kemudian Page berkata, "Kami berpikir mengenai bagaimana mempertahankan budaya dan elemen menyenangkan kami. Kami membuang banyak waktu untuk membetulkan kantor kami. Kami berpikir penting untuk memiliki banyak karyawan. Orang-orang dikumpulkan bersama di mana-mana. Kami semua berbagi kantor. Kami menyukai kumpulan bangunan ini karena terlihat seperti kampus universitas yang disatukan daripada sebuah taman perkantoran pinggiran kota biasa."[47]
Bagaimanapun, beberapa penganalis menemukan bahwa seiring Google tumbuh, perusahaan ini makin menjadi "korporat". Tahun 2005, artikel di The New York Times dan sumber lainnya menyatakan bahwa Google telah kehilangan anti-korporatnya, tanpa filosofi asal[48][49][50] Dengan maksud untuk memepertahankan budaya unik perusahaan, Google telah menghasilkan seorang Chief Culture Officer pada 2006, yang juga melayani sebagai Direktur Sumber Daya Manusia. Kerja Chief Culture Officer adalah untuk membangun dan mempertahankan budaya dan kerja pada jalan yang benar menuju hasil inti bahwa perusahaan ini didirikan pada awalnya — sebuah perusahaan kecil, langkanya hirarki, sebuah lingkungan yang kolaboratif.[51]

[sunting]Kritik

Sambil bertumbuh, Google telah menerima berbagai kontroversi yang dikaitkan dengan praktik dan layanan bisnis mereka. Contohnya, tujuan Google Book Search adalah untuk memasukkan jutaan buku dan menjadikannya mudah dicari telah memimpin pada penyalahgunaan hak cipta denganAuthors Guild. Masalah hak cipta lainnya adalah mengenai Gmail di Inggris dan beberapa negara lainya. Sekarang, di berbagai belahan dunia, dikenal sebagai Google Mail. Kerjasama Google dengan pemerintah Cina, dan lebih jauh dengan Perancis dan Jerman (setelah penolakan Holocaust) untuk menyaring hasil pencarian berdasarkan hukum dan regulasi daerah yang memimpin kepada klaimpenyensoranCookie Google dan praktik pengumpulan informasi lainnya telahmemimpin kepada masalah mengenai privasi pengguna. Beberapa pemerintah daerah India telah membicarakan masalah mengenai risiko keamanan yang ditampilkan oleh detil gambar yang disediakan oleh Google Earth.[52]Google juga telah dikritik oleh pengiklan karena melakukan klik bayar, ketika seseorang digunakan untuk melakukan pembayaran pada sebuah iklan tanpa memiliki rasa ketertarikan terhadap produk tersebut. Laporan industri tahun 2006 mengklaim bahwa sekitar 14 hingga 20 persen klik merupakan pemaksaan bayar.[53]

Google Terjemahan

Google Terjemahan[1] (bahasa InggrisGoogle Translate) adalah layanan yang disediakan olehGoogle Inc. untuk menerjemahkan bagian teks atau halaman web dalam satu bahasa ke bahasa lain. Untuk beberapa bahasa, pengguna diminta untuk memberikan terjemahan alternatif, seperti untuk istilah teknis, yang akan dimasukkan untuk pembaruan dalam proses penerjemahan selanjutnya.
Tidak seperti layanan terjemahan lain seperti Babel Fish dan AOL yang menggunakan SYSTRAN, Google menggunakan perangkat lunak terjemahan sendiri.
Google Terjemahan, seperti alat terjemahan otomatis lain, memiliki beberapa keterbatasan. Meskipun dapat membantu pembaca untuk memahami isi umum dari teks bahasa asing, tetapi tidak memberikan terjemahan akurat.
Google melakukan penerjemahkan dengan pendekatan yang disebut penerjemahan berdasar statistik. Penerjemahan demikian merupakan hasil penelitian Franz-Josef Och yang telah memenangkan kontes DARPA untuk kecepatan mesin terjemahan pada tahun 2003. Sekarang Och menjadi kepala departemen mesin penerjemah Google.
Menurut Och,[2] untuk mengembangkan sistem mesin penerjemah berdasar statistik bagi dua bahasa diperlukan suatu koleksi teks paralel dalam dua bahasa tersebut yang terdiri lebih dari satu juta kata dan dua koleksi teks lainnya untuk masing-masing bahasa yang terdiri lebih dari satu miliar kata. Model statistik dari data ini kemudian digunakan untuk melakukan penerjemahan antar bahasa-bahasa tersebut.
Untuk memperoleh data linguistik dalam jumlah sangat besar ini, Google menggunakan dokumen-dokumen Perserikatan Bangsa-Bangsa. Tersedianya Bahasa Arab dan Cina sebagai bahasa resmi PBB mungkin menjadi salah satu alasan mengapa Google Terjemahan pada awalnya difokuskan pada pembuatan terjemahan antara bahasa Inggris dengan bahasa-bahasa tersebut, dan bukan, misalnya dengan Bahasa Jepang atau Jerman, yang bukan merupakan bahasa resmi di PBB. Perwakilan Google sangat aktif dalam konferensi lokal di Jepang meminta para peneliti untuk memberi mereka koleksi teks paralel.[3]
Mulai 25 September 2008, Google Terjemahan telah memasukkan Bahasa Indonesia ke dalam pilihan bahasa yang bisa diterjemahkan.

Gmail

Gmail adalah penyedia layanan surat elektronik (email) gratis milik Google yang diluncurkan pada tanggal 31 Maret 2004.

[sunting]Fitur

Gmail menyedikan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7538 megabyte dan terus bertambah. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain. seperti Yahoo! dan Hotmail. Hal ini berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik. Sampai saat ini, gmail merupakan email dengan kapasitas terbanyak.

Tampilan inbox ("Surat Masuk") Gmail dalambahasa Indonesia.
Gmail juga mengaplikasi teknologi pencarian Googleyang memudahkan penggunanya mencari sesuatu dari email mereka. Gmail juga menampilkan iklanyang didasarkan dari email yang diterima pengguna. Iklan tersebut hanya diperlihatkan ke pengguna Gmail dan tidak dikirimkan ke alamat eksternal.
Gmail dapat mengirimkan attachment (lampiran) sampai 20 MB per email.
Salah satu dari hal baru yang ditawarkan Gmail adalah penyortiran email dalam bentuk "Conversation view". Dengan begini email yang diterima akan diurutkan dalam bentuk percakapan, sehingga semua balasan dan topik tidak terpisah-pisah. Hal ini bisa membuat pengguna mudah untuk melihat email yang mereka dapat. Gmail kadang salah mengira email mana yang harus dikelompokkan bersama-sama, namun hal ini sudah jarang terjadi.
Salah satu perubahan baru adalah kemampuan untuk melabeli email. Sebuah email dapat mempunyai lebih dari satu label. Fitur ini berguna untuk menyortir email sesuai dengan label yang diberikanya,Google juga dapat memberikan label secara otomatis dengan sebuah filter.
Teknologi Push e-mail juga diterapkam Gmail pada perangkat iPhone dan Windows Mobile, sedangkan pada perangkat Telepon pintar (smartphone) lainnya kemampuan teknologi Push e-mail dari Gmail ini bervariasi tergantung dari aplikasi yang bisa dipasang pada Telepon pintar dari berbagai


Google Talk

Google Talk
Google talk logo.png
PengembangGoogle
Sistem operasiWindows 2000,
Windows XP,
Windows Server 2003,
Windows Vista,
Windows 7
BahasaInggrisJermanPerancis,ItaliaJepangKorea,BelandaPolandiaPortugis,RusiaTurkiMandarin,Spanyol
JenisVoIP/Pesan instan klien
LisensiTak-bebas
Situs webGoogle Talk Labs Edition
Google Talk (GTalk) adalah suatu layanan aplikasiberbasis web dari Google yang dibuat sebagai sarana untuk berkomunikasi melalui pesan instan dan VoIP. Google talk pertama kali dirilis pada tanggal 24 Agustus2005. Google Talk disediakan secara gratis dan dapat diunduh serta diakses melalui Google. Layanan Google Talk hanya dapat digunakan apabila telah memiliki akundi Google.
Pesan instan yang ada di antara server Google Talk dan kliennya menggunakan protokol terbuka, dan XMPP, yang memungkinkan para pengguna klien XMPP lainnya untuk berkomunikasi dengan para pengguna Google Talk. Sementara itu, VoIP pada google Talk berbasis Jingle protokol. Teknologi yang dipakai dalam jaringan servergoogle tidak dapat diketahui oleh publik. Layanan Google Talk hanya tersedia untuk sistem operasi yang menggunakan Windows 2000, windows XP, windowsServer 2003, windows Vista, dan Windows 7. Perangkat lunak Google Talk tersedia juga untuk BlackBerry,iPhone dan T-Mobile G1. Dengan dikeluarkannya gadgetpada Google Talk membuat seluruh pengguna yang didukung oleh Adobe Flash Player dapat menggunakan Google Talk.

Daftar isi

 [sembunyikan]

[sunting]Perkembangan

Pada tanggal 7 Februari 2006Gmail memperoleh fungsi percakapan (chatting) dengan menggunakanAJAX sebagai media komunikasi yang terintegrasi dengan Google Talk. Penambahan fungsi tersebut memungkinkan para pengguna akun Gmail dapat mengirim pesan instan kepada pengguna Gmail yang lain. Pengguna tidak perlu mengunduh Google Talk untuk mengirim pesan instan kepada pengguna gmail yang lain karena cara kerjanya dalam sebuah penjelajah web.
Kemudian, pada 8 November 2006, Google mengintegrasi Google Talk dengan Orkut. Hal ini membuat para pengguna Google Talk dapat melakukan interaksi dengan para pengguna Orkut. Pengguna juga dimungkinkan untuk memainkan lagudi komputerData tentang musik akan terkumpul, apabila pengguna setuju untuk itu, dan akan diperlihatkan ke dalam halaman Google Music Trends. Selanjutnya, pada 11 November 2008 perkembangan Google Talk semakin maju, para pengguna Gmail dan Google Talk sudah dapat melakukan percakapan di Internet dengan menggunakan suaradan video. Namun, tidak seluruh sistem operasi bisa mendukung hal tersebut. Para pengguna Gmail perlu mengunduh dan menginstal. Pada September 2009, aplikasi ini hanya tersedia untuk Windows XP dan Windows Vista, juga pada Mac OS X (hanya pada Mac yang berbasis Intel).

[sunting]Fitur-fitur

[sunting]Voicemail dan file-sharing

Google memberikan layanan voicemail dan kemampuan mengirimkan file ke klien Google Talk pada tanggal 28 Juli 2006. Pesan yang ada dalam voicemail lamanya bisa mencapai hingga 10 menit, dan dikirimkan ke kontak kotak surat sebagai suatu file MP3 yang terlampir (11kHZ mono 24kbit/s). Bagi penerima yang menggunakan akun Gmail akan mendapatkan integrasi yang lebih baik dibandingkan dengan yang lain. Gmail akan mengenali bahwa itu adalah pesan suara, dan para pengguna dapat memilih salah satu cara untuk memindahkan file yaitu dengan memakai MP3-playing applet, atau dengan cara mengunduh file MP3 tersebut.

[sunting]Pesan offline

Pada 31 Oktober 2006, Google menambahkan pesan offline ke dalam Google Talk. Hal ini telah memungkinkan para pengguna untuk mengirimkan pesan ke dalam kontaknya, walaupun sedang tidaksign in (masuk). Pesan baru bisa diterima ketika mereka mulai online, meskipun pengguna yang mengirim pesan tersebut sedang dalam keadaan offline.

[sunting]Kompatibilitas dengan perangkat mobile

Nokia merilis perangkat lunak baru untuk nokia 770 internet tablet, Google Talk adalah salah satu perangkat lunak yang termasuk di dalamnya. Perangkat lunak Google Talk yang berbasis XMPP membuat Google Talk menjadi klien VoIP yang kompatibel. Kompatibilitas google talk dengan perangkat mobile lainnya dapat ditemukan juga pada Sony’s mylo dan Blackberry. Namun, tidak semua ponsel cocok dengan perangkat lunak Google Talk, hanya ponsel yang menyediakan protokol XMPP yang dapat memberikan layanan tersebut. Sebagian besar ponsel saat ini didukung oleh IMPS protokol, sehingga dengan akun gmail tidak bisa login.

[sunting]Edisi laboratorium

Google telah merilis versi terbaru dari Google Talk yang disebut “Google Talk, edisi laboratorium.” Dengan menggunakan edisi laboratorium (edisi labs) para pengguna dapat mempunyai beberapa tabdengan kelompok chatting, chat pribadi dan layar biasa dapat terbuka seluruhnya hanya dengan sekali buka. Di sini tersedia untuk mengunduh secara gratis melaluihttp://www.google.com/talk/labsedition/Flash Player akan diminta untuk melakukan prosesinstalasi, dan setelah peluncuran pertama, sebuah flash-plugin baru akan diperlukan untuk diunduh. Edisi ini tidak bertujuan untuk penggunaan umum. Hal ini yang menyebabkan edisi ini disebut dengan edisi laboratorium (edisi labs). Edisi laboratorium juga meliputi layanan Google terbaru.

[sunting]Sejarah

Pada tanggal 23 Agustus 2004, Eoban Binder memberi usulan agar layanan IM (instan messaging) Google berbasis XMPP melalui website Applexnet.com. Lalu, tepat setahun kemudian ditemukan subbagian talk.google.com mempunyai sebuah XMPP server yang aktif. Pada 7 febuari 2006, Gmail mulai menambahkan kemampuan untuk memberikan layanan percakapan dengan mendirikan klien XMPP. Selanjutnya, pada 14 maret 2007, Google mengeluarkan alat atau perkakas google (Google Talk Gadget). Adobe flash berbasis modul percakapan ditambahkan ke halaman depan iGoogle atau disimpan dalam halaman web, sehingga bisa chatting dari berbagai sistem operasi yang didukung oleh Adobe Flash Player. Kemudian, 26 November 2007, Google Talk mengeluarkan layanan percakapan (chatting) kelompok. Sebelumnya, pengguna hanya bisa melakukan percakapan dengan satu orang tiap jendela. Adanya kelompok chatting memungkinkan para pengguna berbicara satu sama lain dalam lingkungan yang serupa dengan IRC. Pada tanggal 6 Desember 2007, Google meningkatkan integrasi Gmail chatting untuk menyertakan kemampuan chatting AOL Instant Messenger. Hal ini menjadikan pengguna Gmail dapat masuk ke layanan berbicara AIM dan berkomunikasi dengan pengguna AIM ketika masih dalam layanan Google Talk. Pada, 25 febuari 2008google menambah fitur yang disebut dengan Chatback. Fitur ini memungkinkan pemilik akun Google Talk tetap bisa chatting dengan orang yang tidak memiliki akun Google. Pada, 11 November 2008, diluncurkan fitur video chat. Hal ini memungkinkan para pengguna Google Talk untuk chatting dengan menggunakan video di dalam Gmail. Pada 7 Juli 2009, Google Talk diberitahukan keluar dari versi betabersama-sama dengan Gmail, Google Docs dan Google Apps.

[sunting]Realisasi ke depan

Google melaporkan sedang bekerja untuk menambah fitur-fitur baru, salah satunya yaitu dengan mendukung SIP di masa yang akan datang yang akan memperluas userbase untuk program. Pada 28 Agustus 2006 telah diadakan perjanjian multi tahunan antara Google dan eBay . Di dalam perjanjian tersebut diumumkan bahwa perusahaan-perusahaan tersebut akan membuat para pengguna Google Talk dapat berkomunikasi dengan Skype.


Google Maps


Gambar Google Maps menunjukkan rute dariToronto ke Ottawa

Pulau Penang dan Provinsi Wellesley di daratan dilihat dari Google Maps [1]
Google Maps adalah sebuah jasa peta globe virtualgratis dan online disediakan oleh Google dapat ditemukan di http://maps.google.com. Ia menawarkan peta yang dapat diseret dan gambar satelit untuk seluruh dunia dan baru-baru ini, Bulan, dan juga menawarkan perencana rute dan pencari letak bisnis di U.S.KanadaJepangHong Kong,CinaUKIrlandia (hanya pusat kota) dan beberapa bagian Eropa. Google Maps masih berada dalam tahap beta.










Google Earth

Google Earth
GoogleEarthLogo.JPG
PengembangGoogle
Sistem operasiWindows 2000XP & Vista,Mac OS XLinux
BahasaMultibahasa[1]
JenisGlobe virtual
LisensiKepemilikan
Situs webGoogle Earth
Google Earth merupakan sebuah program globe virtualyang sebenarnya disebut Earth Viewer dan dibuat olehKeyhole, Inc.. Program ini memetakan bumi darisuperimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelitfotografi udara dan globe GIS 3D. Tersedia dalam tiga lisensi berbeda: Google Earth, sebuah versi gratis dengan kemampuan terbatas; Google Earth Plus ($20), yang memiliki fitur tambahan; dan Google Earth Pro ($400 per tahun), yang digunakan untuk penggunaan komersial.[2]

Daftar isi

 [sembunyikan]

[sunting]Pengenalan


Gunung St. Helens dilihat menggunakan Google Earth.
Awalnya dikenal sebagai Earth Viewer, Google Earth dikembangkan oleh Keyhole, Inc., sebuah perusahaan yang diambil alih oleh Google pada tahun 2004. Produk ini, kemudian diganti namanya menjadi Google Earth tahun 2005, dan sekarang tersedia untuk komputer pribadi yang menjalankan Microsoft Windows 2000, XP, atau VistaMac OS X 10.3.9 dan ke atas, Linux(diluncurkan tanggal 12 Juni 2006) dan FreeBSD. Dengan tambahan untuk peluncuran sebuah klien berbasis update Keyhole, Google juga menambah pemetaan dari basis datanya ke perangkat lunak pemetaan berbasis web. Peluncuran Google Earth menyebabkan sebuah peningkatan lebih pada cakupan media mengenai globe virtual antara tahun 2005 dan2006,[3] menarik perhatian publik mengenai teknologi dan aplikasi geospasial.
Globa virtual ini memperlihatkan rumah, warna mobil, dan bahkan bayangan orang dan rambu jalan. Resolusi yang tersedia tergantung pada tempat yang dituju, tetapi kebanyakan daerah (kecuali beberapa pulau) dicakup dalam resolusi 15 meter.[4] Las VegasNevada dan Cambridge, Massachusetts memiliki resolusi tertinggi, pada ketinggian 15 cm (6 inci). Google Earth memolehkan pengguna mencari alamat (untuk beberapa negara), memasukkan koordinat, atau menggunakan mouse untuk mencari lokasi.
Berkas:Jakarta - Monumen Nasional.jpg
Monumen Nasional dilihat dengan 3d Building salah satu fitur Google Earth
Google Earth juga memiliki data model elevasi digital (DEM) yang dikumpulkan oleh Misi Topografi Radar Ulang Alik NASA. Ini bermaksud agar kita dapat melihat Grand Canyon atau Gunung Everest dalam tiga dimensi, daripada 2D di situs/program peta lainnya. Sejak November 2006, pemandangan 3D pada pegunungan, termasuk Gunung Everest, telah digunakan dengan penggunaan data DEM untuk memenuhi gerbang di cakupanSRTM.[5]
Banyak orang yang menggunakan aplikasi ini menambah datanya sendiri dan menjadikan mereka tersedia melalui sumber yang berbeda, seperti BBS atau blog. Google Earth mampu menunjukkan semua gambar permukaan Bumi. dan juga merupakan sebuah klien Web Map Service. Google Earth mendukung pengelolaan data Geospasial tiga dimensi melalui Keyhole Markup Language (KML).
Google Earth memiliki kemampuan untuk memperlihatkan bangunan dan struktur (seperti jembatan) 3D, yang meliputi buatan pengguna yang menggunakan SketchUp, sebuah program pemodelan 3D. Google Earth versi lama (sebelum Versi 4), bangunan 3d terbatas pada beberapa kota, dan memiliki pemunculan yang buruk tanpa tekstur apapun. Banyak bangunan dan struktur di seluruh dunia memiliki detil 3D-nya; termasuk (tetapi tidak terbatas kepada) di negara Amerika SerikatBritania Raya,[6] IrlandiaIndiaJepangJermanKanadaPakistan dan kota Amsterdam dan Alexandria.[7]Bulan Agustus 2007, Hamburg menjadi kota pertama yang seluruhnya ditampilkan dalam bentuk 3D, termasuk tekstur seperti facade. Pemunculan tiga dimensi itu tersedia untuk beberapa bangunan dan struktur di seluruh dunia melalui Gudang 3D Google[8] dan situs web lainnya.

[sunting]Mode Sky

Pada versi 4.2, diluncurkan pada 22 Agustus 2007, Google Earth menambah sebuah peralatan Sky untuk melihat gambar bintang dan luar angkasa.[9] Google Sky dibuat oleh Google melalui kerjasama dengan Institut Pengetahuan Teleskop Luar Angkasa di Baltimore, pusa operasi Hubble. Dr. Alberto Conti dan pembuatnya Dr. Carol Christian dari Institut Pengetahuan Teleskop Luar Angkasa, merencanakan untuk menambah gambar publik mulai 2007,[10] juga gambar berwarna dari semua data arsip dari Kamera Hubble untuk Survei. Gambar terbaru Hubble akan dimasukkan dalam program Google Sky setelah diambil. Fitur baru seperti data multi-panjang, posisi satelit besar dan orbitnya juga sumber pengetahuan akan disediakan ke komunitas Google Earth dan juga melalui situs web untuk Sky milik Christian dan Conti. Juga yang terlihat pada mode Sky adalah konstelasi, bintang, galaksi dan animasi yang memperlihatkan orbit planet. Sebuah tambahan transien luar angkasa Google Sky, menggunakan protokol VOEvent, disediakan oleh kerjasama dengan VOEventNet.

[sunting]Fitur Wikipedia dan Panoramio

Bulan Desember 2006, Google Earth menambah fitur baru disebut "Geographic Web" yang meliputi tampilan Wikipedia dan Panoramio. Di Wikipedia, entri diberi koordinat dengan Templat:Coor title dms. Apabila pilihan untuk memperlihatkan entri Wikipedia atau Panoramio dipilih, pengguna akan diperlihatkan dengan titik yang dapat ditekan dalam versi Google Earth. Apabila titik tersebut ditekan, pengguna dapat melihat entri Wikipedia atau Panoramio langsung di Google Earth. Terdapat juga fitur komunitas dari proyek Wikipedia-World. Banyak koordinat yang digunakan, tipe yang berbeda ditampilkan dan bahasa yang berbeda disediakan daripada fitur Wikipedia berdiri sendiri. Google mengumumkan pada tanggal 30 Mei 2007 bahwa mereka mengambil alih Panoramio.[11]

[sunting]Pengaruh

Aplikasi antarmuka Google Earth berlawanan dengan sebuah program 'Earth' yang mirip seperti yang dinyatakan dalam acara fiksi ilmiah Snow Crash oleh Neal Stephenson. Salah seorang pembuat Google Earth mengklaim bahwa Google Earth dibuat setelah Snow Crash, sementara pembuat lainnya mengatakan bahwa terinspirasi oleh Powers of Ten.[12]

[sunting]Spesfikasi

  • Sistem dan Proyeksi Koordinat
    • Sistem koordinat internal Google Earth merupakan koordinat geografi dalam bentuk tunggalSistem Geodetik Dunia tahun 1984 (WGS84).
    • Google Earth menampilkan dunia seperti dilihat dari pesawat atau satelit yang mengorbit. Proyeksi ini diguakan untuk memperoleh efek yang disebut Perspektif Umum. Ini mirip denganproyeksi Ortografi, kecuali titik perspektifnya merupakan jarak terbatas (dekat bumi) daripada jarak tidak terbatas (luar angkasa).[13]
  • Resolusi dasar
    • Amerika Serikat: 15 m (beberapa negara bagian 1 m atau lebih baik)
    • Andorra, Belanda, Britania Raya, Denmark, Jerman, Liechtenstein, Luksemburg,San Marino, Swiss, Vatikan: 1 m atau lebih baik
    • Seluruh dunia: Umumnya 15 m (beberapa area, seperti Antartika, resolusinya sangat rendah), tetapi ini tergantung pada kualitas satelit/fotografi udara yang diunggah.
  • Resolusi tinggi
    • Amerika Serikat: 1 m, 0.6 m, 0.3 m, 0.15 m (sangat jarang, contohnya Cambridge dan Google Campus, atau Glendale)
    • Eropa: 0.3 m, 0.15 m (contohnya Berlin, Hamburg, Zürich)
  • Resolusi ketinggian
    • Permukaan: bervariasi menurut negara
    • Dasar laut: Tidak tersedia (sebuah skala warna memperkirakan kedalaman dasar laut "diperlihatkan" pada permukaan).
  • Umur: Gambar kadang-kadang kurang dari 3 tahun. Tanggal selanjutnya untuk informasi hak cipta sering dirujuk sebagai tanggal dimana gambar diambil, tetapi praktik ini tidak benar.
Google Earth tidak beroperasi pada konfigurasi peranti keras lama. Konfigurasinya sebagai berikut:
  • Pentium 3, 500 MHz
  • 128 MB RAM
  • ruang kosong 400 MB
  • Kecepatan internet: 128 kb/detik
  • Kartu grafis 3D 16MB
  • Resolusi 1024x768, Warna 16-bit
  • Windows XP atau Windows 2000 (bukan Windows Me), Linux, Mac OS X
Jenis kesalahan umum dalam video RAM yang tidak mencukupi: peranti lunak ini dirancang untuk memperingatkan pengguna apabila kartu grafis mereka tidak mampu menjalankan Earth (ini sering terjadi karena Video RAM yang tidak mencukupi atau driver kartu grafis yang terkena bug). Jenis kegagalan yang lain adalah kecepatan akses Internet. Kecuali untuk yang sering gagal, Internet broadband (Cable, DSL, T1, dll) dibutuhkan.

[sunting]Versi Mac

Sebuah versi untuk Mac OS X diluncurkan pada tanggal 10 Januari 2006, dan siap diunduh dari website Google Earth. Dengan beberapa pengecualian, versi Mac muncul secara stabil dan lengkap, dengan fungsi yang sama dengan versi asli Windows.
Tampilan dan binari versi Mac telah dibocorkan ke dalam Internet satu bulan sebelumnya, tanggal 8 Desember 2005. Versi bocoran ini belum selesai. Diantara yang lain, menu Help dan fitur "Display License"-nya bekerja, menandai bahwa versi ini ditujukan untuk penggunaan internal Google. Google tidak berkomentar mengenai bocoran itu.
Sekarang, versi Mac berjalan hanya pada Mac OS X versi 10.4 dan 10.3.9. Tidak ada browser yang dipasang dan antarmuka langsung menuju Gmail. Terdapat beberapa bug yang menyerang bar menu ketika berganti aplikasi dan beberapa bug menyerang balon peringatan dan print.
Dari versi 4.1.7076.4558 (diluncurkan tanggal 9 Mei 2007), pengguna Mac OS X dapat, diantara fitur baru lainnya, menaikkan satu tingkat ke versi "Plus" melalui pilihan di menu Google Earth.[14]Beberapa pengguna melaporkan bahwa kesulitan dengan Google Earth adalah crash pada versi terakhir saat memperbesar gambar.[15]

[sunting]Versi Linux

Dimulai dengan versi 4 beta, Google Earth beroperasi dibawah Linux, sebagai sebuah aplikasi yang menggunakan QT-toolkit.
Persyaratan Minimal Sistem[16]
  • Kernel: 2.4 atau yang terakhir
  • CPU: Pentium III, 500 MHz
  • Memori Sistem (RAM): 128 MB
  • Hard Disk: ruang kosong 400 MB
  • Kecepatan Internet: 128 kb/detik
  • Layar: 1024x768, warna 16 bit
  • Telah dicoba dan bekerja pada distribusi berikut:

[sunting]Resolusi dan akurasi

Beberapa daratan tercakup dalam gambar satelit dengan resolusi sekitar 15 m per piksel. Beberapa pusat masyarakat juga dicakup oleh pesawat terbang (ortofotografi) dengan beberapa piksel per meter. Lautan dicakup dengan resolusi paling rendah, juga beberapa pulau; seperti Tórshavn, ibu kotaKepulauan Faroe, dan Kepulauan Scilly di lepas pantai baratdaya England, dalam resolusi sekitar 500 m atau kurang. Gambar-gambar tersebut disediakan oleh Terrametrics.
Google telah menyelesaikan beberapa inakurasi dalam pemetaan vektor sejak peluncuran perangkat lunak ini, tanpa persyaratan pemutakhiran program itu sendiri. Sebuah contohnya merupakan teritoriNunavut di Kanada yang keluar dari cakupan peta Google Earth, sebuah teritori yang dibuat pada tanggal 1 April 1999; kesalahan ini diperbaiki oleh salah satu pembaharuan data pada awal 2006. Pemutakhiran akhir-akhir ini juga telah meningkatkan cakupan kejelasan fotografi udara, kebanyakan pada daerah di barat Eropa, tetapi tidak termasuk Irlandia dimana pemetaan dibiarkan terbatas.
Gambar-gambar tidak diambil semuanya pada waktu yang sama, tetapi berangsur selama tiga tahun. Gambar yang dipasang kadang-kadang tidak tepat. Pembaruan terhadap database fotografi dapat dikirim apabila perubahan drastis terjadi pada pemunculan lanskap, seperti pada pembaruan Google Earth yang belum selesai di daerah New Orleans setelah Badai Katrina, atau ketika tanda tempat berpindah secara tak terduga melintasi permukaan Bumi. Tetapi tanda tempat tersebut tidak pernah dipindahkan, gambarnya dipasang secara berbeda. Seperti pembaruan fotografi London pada awal 2006, membuat perpindahan sepanjang 15-20 meter di beberapa area, karena resolusinya terlalu tinggi.
Kejelasan nama tempat dan jalan berariasi dari tempat ke tempat. Paling akurat di Amerika Utara dan Eropa, tetapi pembaruan pemetaan reguler memperbaiki cakupan di manapun.
Kerusakan sering terjadi tergantung teknologi yang digunakan untuk mengukur tinggi permukaan tanah; contohnya, bangunan tinggi di Adelaide menyebabkan sebagian kota dimunculkan sebagai sebuah pegunungan kecil, yang mana sebenarnya datar. Tinggi Menara Eiffel menghasilkan efek yang sama dalam pemunculan kota Paris. Juga, ketinggian di bawah permukaan laut diperlihatkan sebagai permukaan laut, contohnya Salton City, CaliforniaDeath Valley; dan Laut Mati disebutkan sebagai 0 kaki sementara Salton City sekitar -200 kaki; Death Valley -286 kaki; dan Laut Mati -1,378 kaki.
Dimana tidak ada data elevasi digital 3 MOA tersedia, gambar tiga dimensi tersebut mencakup beberapa dataran tinggi yang tidak semuanya akurat, tetapi kebanyakan daerah pegunungan dapat dipetakan secara baik. Model elevasi digital telah diletakkan 3 MOA ke utara dan 3 MOA ke barat. Ini berarti bahwa beberapa pegunungan curam yang muncul secara tidak tepat memiliki bayangan yang memanjang di sisi selatannya. Beberapa gambar beresolusi tinggi juga telah diganti, contohnya gambar yang mencakup Annapurna, yang salah diletakkan sekitar 12 MOA. Data elevasi diperbarui hingga resolusi 10 meter (1/3 MOA) untuk Amerika Serikat dari sebelumnya yaitu resolusi 30 meter (1 MOA).
Fungsi "Measure" memperlihatkan panjang ekuator sekitar 40,030.24 km, suatu kesalahan sebesar −0.112% bila dibandingkan dengan panjang aslinya yaitu 40,075.02 km Bumi; untuk lingkaranmeridian, diperlihatkan panjang sekitar 39,963.13 km, juga suatu kesalahan sebesar −0.112% bila dibandingkan dengan panjang aslinya, yaitu 40,007.86 km.
Daratan es kutub Arktik tidak muncul di Google Earth, tetapi sebagai gelombang di lautan. Kutub Utara ditemukan di Lautan Arktik. Terdapat resolusi terendah pada cakupan benua Antartika (gambar beresolusi 1m pada beberapa bagian Antartika ditambah pada bulan Juni 2007 untuk pertama kalinya). Sistem pemasangan tersebut menghasilkan artefak di dekat kutub dan semakin kecil dan terjadi kerusakan.
Awan dan bayangan dapat membuatnya sukar atau tdak mungkin untuk melihat sesuatu di beberapa daratan, termasuk bayangan sisi pegunungan.

[sunting]Keamanan nasional dan masalah privasi

Peranti lunak ini telah dikritik oleh sejumlah kelompok khusus, termasuk pemerintah, sebagai sebuah serangan pribadi dan bahkan mengancam keamanan nasional. Argumen tersebut menyatakan bahwa peranti lunak ini menyediakan informasi mengenai instalasi militer atau lainnya yang dapat digunakan oleh teroris. Berikut merupakan beberapa masalah itu:
  • Bekas presiden IndiaAPJ Abdul Kalam telah membicarakan masalah mengenai ketajaman resolusi gambar di lokasi tertentu di India. Google setuju untuk menyensor beberapa lokasi.
  • Organisasi Penelitian Luar Angkasa India telah mengatakan Google Earth memunculkan ancaman keamanan terhadap India, dan membicarakannya dengan Google.
  • Pemerintah Korea Selatan telah membicarakan masalah bahwa peranti lunak ini memberikan gambar istana kepresidenan dan berbagai instalasi militer yang dapat digunakan oleh negara tetangganya, Korea Utara.
  • Tahun 2006, seorang pengguna menemukan sebuah replika topografi besar di daerah remote diCina. Model tersebut merupakan versi skala kecil (1/500) dari Pegunungan Karakoram, sebenarnya berada dibawah kontrol Cina tetapi diklaim oleh India. Setelah diketahui sebagai replika, masyarakat mulai membicarakan implikasi militer tersebut.
  • Area 51 yang berbasis di gurun pasir Nevada dapat terlihat jelas, tanpa pengaburan apapun. Landasan pacunya dan bahkan pesawatnya terlihat, tetapi sumber menyatakan bahwa pemerintah mengetahui semua satelit fotografi di sana, dan personil diinstruksikan untuk menjaga teknologi vital apapun dan bertahan sepanjang waktu apabila seseorang di dekat basis tersebut.
  • Penyedia Internet utama MarokoMaroc Telecom telah memblok Google Earth sejak Agustus 2006 tanpa alasan apapun.
  • Operator reaktor nuklir Lucas Heights di SydneyNew South Wales meminta Google untuk menyensor gambar beresolusi tinggi di fasiltas tersebut. Bagaimanapun, mereka kemudian mencabut permintaan tersebut.
  • Bulan Juli 2007, dilaporkan bahwa kapal selam misil balistik nuklir Kelas Jin angkatan laut Cinatertangkap gambarnya di Basis Kapal Selam Xiaopingdao di selatan Dalian.
  • Bulan Oktober 2007, The Guardian melaporkan bahwa Teroris Arab menggunakan Google Earth untuk merencanakan penyerangan roket Kassam-nya ke Israel.
Beberapa warga negara dapat mengekspresikan masalah mereka mengenai informasi udara yang meliputi properti dan kediaman mereka secara bebas. Secara relatif, sejumlah yurisdiksi menjaminhak privasi perorangan, sebagaimana hak kerahasiaan negara, ini merupakan sebuah perkembangan, tetapi sedikit. Kritik tersebut mencakup, pada suatu waktu, Google memetakan Area 51 (yang terlihat jelas dan mudah ditemukan) di Nevada sebagai tanda tempat umum ketika Google Earth pertama diunduh.
Sebagai hasil dari tekanan dari pemerintah Amerika Serikat, kediaman Wakil Presiden di Number One Observatory Circle dikaburkan melalui pikselisasi di Google Earth dan Google Maps. Kegunaan pengaburan ini masih dipertanyakan, sementara foto dan survei udara beresolusi tinggi mengenai properti tersebut tersedia di situs Internet lainnya. Capitol Hill juga dikaburkan, tetapi pengaburan ini dicabut.
Kritik telah mengekspresikan masalah mereka mengenai kesediaan Google untuk mengaburkan data di tempat-tempat khusus, mempercayai bahwa secara sengaja mengaburkan daratan yang masuk ke dalam wilayah negara daripada membolehkan pengguna "memilih dan membesarkan daerah apapun di Bumi yang ingin dijelajahi".

[sunting]Komunitas Google Earth

Komunitas Google Earth merupakan sebuah forum online yang ditujukan untuk membuat tanda tempat dari sisi perspektif yang menarik. Ini dapat ditemukan di halaman web Google Earth atau di bawah menu Help di program itu sendiri. Setelah mengunduh sebuah tanda tempat, secara otomatis menjalankan Google Earth (apabila tidak dibuka), dan terbang menuju area yang diinginkan. Setelah itu, Anda dapat memasukkannya dalam "My Places" dengan mengklik kanan ikon dan memilih "Save to My Places". Secara tambahan, siapapun dapat mengirim tanda tempat ke orang lain agar dapat diunduh, selama Anda memiliki akun.
Google Earth juga dapat digunakan untuk mencari "bencana". Sekarang, seorang pengguna dapat menemukan bencana dalam Komunitas Google Earth. Contohnya sebuah kapal yang terbalik di lepas pantai Murmansk (69°15′32.22″LU,33°14′17.11″BT) atau sebuah mobil yang terbakar, di autobahn A3 dekat Gieslenberg, utara Leverkusen, Jerman (51°4′47.04″LU,6°59′17.77″BT).

[sunting]Hak Cipta

Sebenarnya, setiap gambar yang ada di Google Earth merupakan sebuah peta berhak cipta yang diambil dari data satelit. Turunan lainnya dari Google Earth berasal dari data berhak cipta dimana, dibawah Hukum Hak Cipta Amerika Serikat, tidak digunakan kecuali dibawah lisensi yang disediakan Google. Google membolehkan penggunaan gambar secara pribadi non-komersial (contohnya pada situs web pribadi atau blog) selama hak cipta dan asal gambar dipelihara. Perbedaannya, gambar yang diambil menggunakan peranti lunak peta dunia NASA, World Wind yang menggunakan lapisanBlue MarbleLandsat atau USGS, masing-masing merupakan sebuah lapisan daratan pada domain publik. Karya yang dibuat oleh sebuah agensi pemerintah Amerika Serikat merupakan domain publik pada saat pembuatan. Ini berarti bahwa gambar tersebut dapat dirubah, disebarkan dan digunakan untuk kepentingan komersial secara bebas.

[sunting]Google Earth Plus

Google Earth dapat dinaikkan tingkatnya menjadi edisi "Plus" dengan biaya $20 per tahun. Google Earth Plus merupakan sebuah peranti lunak diatas Google Earth dan memiliki fitur-fitur berikut:
  • Tampilan GPS: membaca jalan dari alat GPS. Sebuah variasi dari aplikasi ketiga yang dibuat yang menyediakan kegunaan ini dan menggunakan versi dasar Google Earth dengan membuat file KML atau KMZ yang berdasarkan pada jalan yang diinginkan pengguna. Bagaimanapun, Google Earth Plus menyediakan fitur langsung untuk jalur produk Magellan dan Garmin, yang bersama memegang saham besar di pasaran GPS. Versi Linux Google Earth Plus tidak memiliki fitur GPS apapun.
  • Resolusi tinggi
  • Layanan pengguna melalui email
  • Pengimpor data: membaca alamat dari file CSV; terbatas pada 100 alamat. Sebuah fitur yang membolehkan anotasi alur dan poligon, yang dapat diekspor dalam bentuk KML, tersedia pada pengguna Plus, tetapi dijadikan gratis pada versi 4.0.2416.
  • Kecepatan tinggi dalam mengunduh data

[sunting]Google Earth Pro

Dengan biaya $400, Google Earth Pro merupakan sebuah peningkatan Google Earth yang memiliki fitur lebih banyak daripada versi "Plus". Versi Pro mencakup peranti lunak tambahan seperti:
  • Pembuatan film
  • Pengimpor data GIS
  • Modul cetak canggih
Peranti lunak tersebut memakan biaya lagi, tetapi baru-baru ini telah dijadikan satu paket.

[sunting]Simulasi Penerbangan

Dalam Google Earth v4.2, sebuah simulasi penerbangan dimasukkan sebagai fitur tersembunyi.
Mungkin untuk menjalankan simulasi dengan stik permainan, meskipun tidak semua model didukung.

AdSense

AdSense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan olehGoogle. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka. Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.
Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka. Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

Daftar isi

 [sembunyikan]

[sunting]Istilah dalam AdSense

[sunting]Publisher

Publisher adalah orang atau pemilik situs yang sudah bergabung dan memasang iklan AdSense di situs mereka.

[sunting]Ad Units

Yang dimaksud dengan Ad Units adalah iklan AdSense itu sendiri. Ad Units terdiri dari beberapa jenis dan ukuran. Yang paling umum adalah jenis iklan teks. Pada saat pengunjung mengklik unit iklan ini, maka (jika sah) pemasang iklan akan mendapatkan pemasukan sesuai dengan nilai CPC-nya.

[sunting]Link Units

Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yang biasa kita temui di situs-situs web. Yang membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini, maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung mengklik salah satu Ad Unit yang ada di halaman tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak dibandingkan Ad Units biasa.

[sunting]AdSense for Content

AdSense for Content adalah iklan AdSense yang dipasang di dalam suatu halaman. Iklan-iklan yang muncul adalah iklan-iklan yang berhubungan dengan isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep kontekstual. Ad Units dan Link Units adalah yang termasuk dalam AdSense for Content ini.

[sunting]Alternate Ads

Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang stok iklan yang berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yang ditampilkan adalah iklan layanan masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi, maka jika diklik, iklan ini tidak menghasilkan apa-apa bagi publisher. Untuk mengatasinya, Googlememperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan alternatif. Jika Ad Units yang dibuat telah diatur dengan menggunakan Alternate Ads, maka apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yang muncul adalah iklan alternatif yang telah diatur sebelumnya.

[sunting]Channels

Channels adalah semacam label yang dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu label, dan sebaliknya, satu label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google AdSense, hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan sangat memudahkan publisher untuk menganalisa performa AdSense mereka. Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yang sama pada unit-unit iklan yang ada di satu situs. Jika ingin lebih detail, sah-sah saja untuk memberikan nama Channels yang berbeda pada setiap unit iklan di masing-masing situs. Yang perlu diingat, maksimal jumlah Channels yang diperbolehkan saat ini adalah 200 kanal.

[sunting]Page Impressions

Page Impressions adalah jumlah yang menunjukkan berapa kali halaman yang mengandung Ad Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yang ada di dalam halaman yang bersangkutan.

[sunting]Clicks

Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total klik yang ia dapatkan, maupun berdasarkan Ad Units atau Channelnya.

[sunting]CTR (Clickthrough Rate)

CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).

[sunting]CPC (Cost Per Click)

CPC adalah jumlah uang yang akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu diklik. Nilai CPC masing-masing Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk performa dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yang mungkin adalah 20% dari nilai tawaran dinamis yang ditawarkan oleh pemasang iklan.

[sunting]eCPM (Effective CPM)

eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher dengan jumlah impresi halaman (per 1.000) yang ia dapatkan dari iklan-iklannya. Sebagai contoh, publisher yang menghasilkan USD 200 dari 50.000 impressi akan memiliki nilai CPM sebesar USD 4 (USD 200 dibagi 50).

[sunting]Kebijakan program AdSense

Meski program AdSense memberikan keuntungan yang besar, Google menetapkan aturan ketat untuk melindungi kepentingan semua pihak yang terlibat, termasuk pemasang iklan yang sering dirugikan oleh tindakan tidak terpuji pemilik situs anggota program AdSense. Beberapa larangan Google yang harus ditaati pemilik situs web atau blog peserta program AdSense adalah:
  • Mengklik iklan yang ditampilkan situs milik sendiri, baik dengan cara manual atau dengan bantuan perangkat lunak khusus
  • Dengan sengaja mendorong pengunjung situs untuk mengklik iklan yang ditampilkan, misalnya dengan kata-kata “klik iklan ini” atau “kunjungi halaman ini”
  • Mengubah bentuk dan ukuran unit iklan yang telah ditentukan Google
  • Membuat pranala langsung menuju halaman hasil pencarian AdSense untuk pencarian
  • Mengisi secara otomatis kotak pencarian AdSense dengan katakunci tertentu
  • Memanipulasi target iklan dengan katakunci tersembunyi atau dengan IFRAME
  • Kode unit iklan AdSense harus ditempatkan langsung pada kode html Situs web tanpa perubahan. Pemilik situs tidak diperbolehkan mengubah kode AdSense dengan alasan apapun, misalnya dengan tujuan menampilkan hasil klik di jendela pop up atau mengalihkan target iklan.

[sunting]Optimisasi Penghasilan AdSense

Potensi keuntungan mengikuti program AdSense membuat banyak pemilik situs web mengembangkan berbagai metode untuk meningkatkan jumlah klik pada iklan yang mereka tayangkan. Sebagian metode terbukti ilegal dan melawan kebijakan resmi program AdSense. Metode yang lain diperbolehkan, bahkan didorong penggunaannya oleh Google. Beberapa metode yang dianggap sah adalah:
  • Memodifikasi warna unit iklan menggunakan palet warna yang disediakan AdSense
  • Meletakkan unit iklan pada posisi tertentu pada halaman web yang dianggap memiliki tingkat keterbacaan tinggi
  • Menghilangkan garis tepi unit iklan dan menyamakan warna latarnya dengan warna latar halaman web sehingga unit iklan terlihat membaur dengan isi halaman

Google Chrome

Google Chrome
Logo Google Chrome
Tampilan layar
Google Chrome Beta 2 di Windows XP, menampilkan Wikipedia
Sistem operasiWindows XP SP2, dan Windows Vista
JenisPenjelajah web
LisensiLisensi BSD
Situs webwww.google.com/chrome
Google Chrome adalah sebuah penjelajah websumber terbuka yang dikembangkan oleh Googledengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakanChromium.[1]
Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada2 September 2008 dalam 43 bahasa. Versi Mac OS Xdan Linux sudah dirilis[2][3][4].













Google Pack

Google Pack adalah paket perangkat lunak pilihan Google yang dapat diunduh secara gratis di situs webnya.
Ada 12 perangkat lunak yang dipaketkan dalam Google Pack, yaitu:
Pengguna dapat memilih beberapa perangkat lunak diatas untuk diunduh bersama dalam Google Pack (tidak harus semua).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar