SELAMAT DATANG

Assallamuallaikum wr. wb.
Selamat datang di wikimini. blog ini berisi tentang informasi penting dari wikipedia dalam bentuk mini dan terhubung langsung ke wikipedia

Selasa, 19 Oktober 2010

Chili


República de Chile
Bendera
MottoPor la razón o la fuerza
(bahasa Spanyol: "Dengan akal budi atau kekuatan")
Lagu kebangsaanHimno Nacional
Ibu kotaSantiago1
Kota terbesarSantiago
Bahasa resmiSpanyol
PemerintahanRepublik demokratis
 - PresidenMichelle Bachelet
 - Presiden terpilihSebastián Piñera
Kemerdekaan
 - • Diawali
• Deklarasi
• Diakui
Dari Spanyol
18 September 1810
12 Februari 1818 
Luas
 - Total756,950 km2 (38)
 - Air (%)1,07%2
Penduduk
 - Perkiraan 200816.800.000 (60)
 - Sensus 200215.116.435 
 - Kepadatan21/km2 (153)
PDB (KKB)Perkiraan 2004
 - TotalUS$173.812 juta (44)
 - Per kapitaUS$10.869 (59)
Mata uangPeso (CLP)
Zona waktu— (UTC-4)
 - Musim panas (DST)— (UTC-3)
Domain internet.cl
Kode telepon56
1 Lembaga legislatif berada di Valparaíso
2 Mencakup Pulau Paskah dan Isla Sala y Gomez; tidak termasuk daerah sebesar 1.250.000 km² di Antartikayang diklaim Chili.
Chili (atau CiliCileChile) merupakan sebuah negara yang "kurus" membujur di sepanjang pesisir barat Amerika Latin, membelah hampir seluruh garis batas sebelah timur, sebagian dari Argentina, berbatasan dengan Bolivia di utara atau timur laut dan dengan Peru di ujung utara barat laut.
Menurut luas daratannya, Chili termasuk kategori negara besar, menempati urutan ke-38 di dunia. Besarnya kurang lebih sama dengan pulau Kalimantan. Chili memiliki kandungan bahan tambang yang amat melimpah seperti tembaga, yodium, perak, asam, cendana, besi, tembaga, minyak, gas, emas, kobalt, seng, mangan, borax, merkuri, belerang, marmer, batu akik, dan lain-lain.
Chili memiliki segalanya dalam jumlah sedikit. Negara yang kurus berjalan dari ujung selatan Amerika Selatan di sepanjang pantai Pasifik sebagian besar benua menyebabkannya memiliki perbedaan iklim yang ekstrim, dari iklim tropis sampai dengan iklim sub-kutub.
Memiliki pemandangan yang menakjubkan dan beragam, kekayaan budaya dan menawarkan berbagai aktivitas rekreasi. Chili yang terbaik dikunjungi pada bulan MaretAprilOktober dan November. Cuaca dan iklim sedang tenang
Valparaiso menakjubkan yang dibangun di atas perbukitan yang menjulang di atas Samudera Pasifik. Yg digerakkan oleh kabel kereta berjalan naik dan turun lereng bukit yang curam. Tersesat berkeliaran di sekitar jalan-jalan labirin seperti batu besar. Arsitektur ini sangat mengesankan itu bernama sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO. Chili dianggap modal budaya.
Pegunungan Chili memberikan kondisi sempurna untuk bermain ski dan snowboarding. Resor ski kelas dunia dot Gunung Andes rentang yang meluas melalui seluruh negeri. The Antillanca Ski Resort terletak di dekat hutan hujan Puyehue Taman Nasional. The Termas De Chillan Ski Resort terletak di gunung berapi. Anda dapat mandi di kolam panas ketika Anda selesai bermain ski. The Villarrica Resort Pucon pula di gunung berapi. Anda dapat mendaki ke kawah lalu ski kembali ke bawah.

Daftar isi

 [sembunyikan]

[sunting]Pemilu Presiden

Pemilu Presiden yang diselenggarakan pada 11 Desember 2005 merupakan pemilu nasional keempat sejak pemulihan demokrasi tahun1990. Koalisi Concertacion muncul dari oposisi terhadap kediktatoran Augusto Pinochet (1973-1990) yang telah berkuasa sejak rezim militer itu berakhir. Koalisi ini menyokong kandidat Michelle Bachelet yang sosialis dan pernah disiksa pada masa kediktatoran militer. Bachelet menghadapi jutawan sekaligus mantan senator Sebastián Piñera dan Joaquin Lavin yang mantan Walikota Santiago. Kubu ini mewakili sayap moderat tengah dan sayap konservatif dari posisi kanan yang terpecah. Dua kandidat yang memperoleh suara tertinggi dalam pemilu presiden putaran pertama adalah Bachelet dengan 45,9% suara dan Sebastián Piñera (25,5%). Pemilihan putaran kedua yang diselenggarakan pada 15 Januari 2006 telah dimenangi oleh Bachelet.

[sunting]Demografi

Tidak seperti beberapa negara tetangga di Amerika Selatan, Chili adalah negara yang relatif homogen. Keturunan Eropa adalah sekitar 95% dari penduduk sekitar Chili.[1] [2] [3] [4] Terutama keturunan pemukim Spanyol pertama, meskipun ada cukup banyak pula orang yang keturunan JermanItaliaSwissKroasiaPerancis dan Inggris.
Pada masa penjajahan, Spanyol merasa perlu untuk mempertahankan kehadiran pasukan secara berkesinambungan untuk melindungi koloninya yang jauh di benua Amerika. Orang-orang Spanyol datang dari semua daerah di Spanyol, termasuk Extremadura dan daerahBasque.
Orang Spanyol yang bukan keturunan. Umumnya mereka adalah keturunan imigran Irlandia yang tiba di Chili pada masa kolonial Spanyol, keturunan imigran Inggris (terutama para pedagang dan pelaut) yang tiba pada hari-hari pertama setelah kemerdekaan, dan pada sisa abad ke-19. Imigrasi dari Jerman yang disponsori pemerintah dimulai pada 1848, dan setelah beberapa lama mengubah wajah budaya provinsi-provinsi selatan Valdivia, Llanquihue, dan Osorno, yang masih memperlihatkan pengaruh Jerman yang kuat. Kelompok-kelompok imigran lainnya yang signifikan termasuk orang-orang keturunan Italia di (Daerah Valparaíso),Kroasia (Antofagasta dan Punta Arenas), PrancisPolandia, orang-orang dari Timur Tengah, (termasuk koloni Palestina kedua terbesar di luar Timur Tengah).
Penduduk asli, berjumlah 3,2%, dan biasanya ditemukan di daerah utara, barat laut dan selatan.
Sebagian besar penduduk beragama Katolik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar